Kamis, 25 November 2010

Ikan Arowana Rp 1 Miliar Mejeng di Pameran Ikan Hias Terbesar

- Gelaran Indonesia Pets Plants Aquatic EXPO (IPPAE) 2010  kembali berlangsung dari tanggal  3-12 Desember 2010. Pameran ikan hias terbesar di Indonesia ini akan menampilkan seekor ikan Arowana seharga Rp 1 miliar, tahun lalu IPPAE juga menampilkan ikan sejenis dengan harga Rp 500 juta dan laris terjual.

"Di IPPAE tahun ini akan dipamerkan ikan arowana albino super red mata merah. Sudah ditawar dari luar sampai Rp 1 miliar," kata Ketua umum Arowana Club Indonesia Stephen Suryaatmadja kepada detikFinance, Jumat (26/11/2010).

Stephen menuturkan ikan arowana super mahal itu saat ini siap dipamerkan di ajang IPPAE. Menurutnya, ikan arowana tersebut merupakan hasil penangkaran petambak asal Pontianak, Kalimantan Barat.

"Ikan arowana albino super red itu padahal masih kecil baru sepanjang 20 cm. Saya tak bisa sebutkan nama pemiliknya," jelasnya.

Dikatakannya, ikan mewah itu salah satu contoh bahwa Indonesia memiliki potensi pengembangan ikan arowana tingkat dunia. Selama ini harga ikan hias asal Indonesia cukup tinggi di pasar internasional.

Misalnya saja  harga anakan arowana super red dihargai  Rp 20 juta setara sepuluh kali lebih mahal dibandingkan harga ikan tersebut di dalam negeri. 

IPPEA tahun 2010 baru dibuka mulai tanggal 3-12 Desember 2010 di WTC Mangga Dua, Jakarta. Dari pameran  ini ditargetkan transaksi mencapai Rp 5 miliar.

Pameran ini juga diikuti oleh para peserta dari dalam dan luar negeri seperti  Singapura, Thailand, dan Taiwan dan  Malaysia. Ajang ini juga melibatkan puluhan komunitas seperti komunitas ikan hias, tanaman hias dan reptil.

Jenis-jenis ikan yang akan dipamerkan dan dilombakan adalah arowana, koki, louhan, cupang, discus, monsterfish, koi. IPPAE juga memamerkan berbagai jenis ikan, reptil dan berbagai jenis tanaman hias.
(hen/qom) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar